Tips Diet Sehat Dengan Nasi Merah

Tips Diet Sehat Dengan Nasi Merah - Diet yang sehat, tentu saja bisa dijalani oleh siapapun
yang menginginkan dirinya memiliki kualitas hidup yang jauh lebih sehat. Sebab itu, bagi anda yang saat ini sedang menjalani sebuah program penurunan berat badan, sebaiknya untuk bisa mengalihkan asupan makanan wajib anda dari yang sebelumnya nasi putih lalu beralih ke nasi merah.  Kenapa?? Nasi merah itu adalah bahan pangan terfavorit dikalangan orang-orang yang menjalani diet karena nasi merah banyak sekali manfaatnya.


Salah satu seorang pakar gizi dan juga keamanan pangan yang berasal dari "Institut Pertanian Bogor"
yakni Profesor Ahmad Sulaiman menyatakan nasi merah ini adalah salah satu jenis makanan khas negara Indonesia yang terbilang unggul. Karena beragam kelebihannya ini, nasi merah seharusnya itu menjadi bahan makanan pokok dan tak hanya dokonsumsi oleh kalangan berdiet saja.

Menurut beliau pun juga, nasi merah ini mempunyai enam kelebihan inilah yang membuat si nasi meah tersebut perlu menjadi sebuah pilihan utama jika ingin hidup anda jauh lebih baik dan sehat.

1. Lebih organik

- Nasi merupakan makanan yang dimasak dari padi merah atau padi gogo atau juga padi huma. Padi biasanya ditanam dengan secara organik, sehingga relatif jauh lebih menyehatkan. Tanaman padi itu sangat tergantung dari datang atau turunnya hujan, di tanam di ladang dan tidak di sawah serta tidak direndam. Bisa dikatakan tanaman padi itu hampir dibiarkan saja, dan jarang disemprot (Pestisida) dan bahkan mungkin juga dipupuk pun jarang. Paling hanya mengurus mencabuti rumputnya saja. Jadi, tanaman padi ini bisa dibilang tanaman yang tumbuh secara alami.


2. Memiliki lebih banyak kandungan serat

- Menurut Ahmad, tanaman padi gogo yang merupakan bahan dari nasi merah yang sebenarnya tak selalu berwarna merah. "Padi itu memang tidak di soso. Setelah digiling sekamnya, kulitnya si arinya dibiarkan saja menempel. Sehingga dengan begitu padi tersebut mempunyai beberapa keistimewaan" tutur Guru Besar Ilmu Gizi (IPB) tersebut.

Pada kulit ari tersebut ini, justru terkandung zat-zat gizi yang biasanya pada beras putih yang terbuang. Pada kulit inilah banyak serta yang sangat bermanfaat. Tidak heran jika kandungan serat didalam nasi merah ini dua kali jauh lebih tinggi ketimbang nasi putih. Sehingga menjadi sebuah pilihan menu terbaru bagi mereka yang ingin melaksanakan program diet yang sehat.

3. Lebih banyak asam lemak esensial

- Pada kulit ari itu terdapat kandungan asam lemak esensial yang begitu bermanfaat baik untuk pertumbuhan seseorang terutama pada perkembangan bayi maupun anak. "Belum pula kandungan zat besinya yang jauh lebih tinggi kandungannya ketimbang beras putih", tambah beliau Ahmad.

4. Kandungan vitamin B jauh lebih tinggi

- Nasi merah mempunyai kandungan thiamin atau juga vitamin B1 yang jauh lebih tinggi yang begitu sangat penting bagi metabolisme karbohidrat dan juga energi. Vitamin ini juga sangat penting untuk neurotrasmintter atau juga anti-stress. Thiamin pun juga bisa memperkuat sistem kekebalan pada tubuh dan juga meningkatkan kemampuan tubuh guna menahan kondisi stress.

5. Lebih banyak antioksidan

- Warna merah yang ada di nasi merah itu sebenarnya ialah pigmen-pigmen antioksidan, misalnya seperti antocyanin. Antioksidan ini bisa mencegah oksidasi asam lemak yang bisa memicu radikal bebas dan juga menyebabkan kanker. "Belum lagi nasi ini pun juga bisa membantu dalam menurunkan kadar kolesterol yang buruk didalam darah", ujar tambahan Ahmad.

6. Lebih tahan lapar

- Nasi merah merupakan makanan yang termasuk indeks glikemik rendah, sehingga bisa membantu dalam mencegah terjadinya lonjakan gula darah didalam tubuh dalam waktu seketika. "Jadi nasi merah ini bagi orang yang sedang menjalani diet maupun diabetik sangatlah bagus untuk memilih makanan ini", imbuh beliau.

Nah, sekarang anda sudah mengetahui bukan manfaat yang dimiliki nasi merah tersebut. Jadi bagi siapapun termasuk anda yang ingin menurunkan berat badannya, maka lakukanlah Tips Diet Sehat Dengan Nasi Merah tersebut karena nasi merah ini sudah terbukti sangat ampuh dalam menurunkan berat badan dan mencegah berbagai masalah kesehatan pada tubuh. Terima kasih banyak...